Hidronefrosis (segi radiologi)

Senin, 25 Juni 2012


Definisi 
Abses Ginjal yaitu peradangan ginjal akibat infeksi. Ditandai dengan pembentukan sejumlah bercak kecil bernanah atau abses yang lebih besar yang disebabkan oleh infeksi yang menjalar ke jaringan ginjal melalui aliran darah.
Etiologi
Penyebaran S aureus secara hematogen. Tersering karena infeksi dari kulit. Abses ginjal sering terjadi pada penderita Diabetes Miletus. Pada anak-anak  berupa Gram negatif, sebagai komplikasi vesikoureteral refluk.

Gejala Klinis


·         demam, menggigil.
·         nyeri di punggung sebelah bawah
nyeri ketika berkemih, air kemih mengandung darah (kadang-kadang) 
Gambaran Radiologi
Jika terjadi satu atau lebih abses kecil dalam parenkim, maka biasanya tidak ditemukan gambaran Rontgen yang khas. Tapi jika abses kecil ini bersatu membentuk suatu abses besar atau karbunkel, maka pada foto polosakan tampak pembesaran ginjal, dengan gambaran lemak perirenal di daerah tersebut suram.
Pada keadaan ini jangan dikerjakan pielografi retrograde. Sedangkan pemeriksaan  pielografi intravena pada keadaan ini baru berarti jika fungsi ginjal cukup untuk memperlihatkan sistem kalik.
Ditemukan kompresi perpindahan letak atau obliterasi kalik-kalik yang disebabkan oleh abses
Abses di ginjal kiri:terlihat air pockets di ginjal kiri
Gb. menunjukkan mass yang besar di ginjal kiri dengan kantung udara multiple dan tidak adanya fungsi  parenkim  ginjal
CT Scan  abses ginjal
Bercak-bercak daerah segitiga pada fungsi ginjal yang menurunmemancar ke dalam zona (daerah) fungsi ginjal yang normal. Beberapa dari daerah parenkim ginjal yang hipofungsi tersebut muncul sebagai daerah-daerah seperti garis yang memancar. Abses ginjal yang fokal, besar, dan terlihat berupa massa berdensitas rendah. Abses-abses kecil akan menambah (enhanced ) kontras.


DAFTAR  PUSTAKA
1.      Rasad Siriraj.2005.RADIOLOGI DIAGNOSTIK Edisi Kedua.Jakarta: Balai Penerbit FKUI
2.      Guyton dan Hall. 2007. Buku Ajar FISIOLOGI KEDOKTERAN Edisi 11. Jakarta: EGC
3.      Snell, Richard S. 2006. Anatomi Klinik untuk Mahasiswa Kedokteran. Jakarta: EGC
4.      Basuki.2011.Dasar- Dasar UROLOGI Edisi III. Jakarta :CV Sagung Seto
5.      Membaca BNO IVP. Available from http://kioswikan.wordpress.com/tag/ivp/. Accessed on 2012 june 06
6.      Sukandar, E. 2006. Infeksi   Akut Saluran Kemih Atas (Ginjal) Pielonefritis Akut. Dalam Nefrologi Klinik. Edisi III. Pusat Informasi Ilmiah bagian Penyakit Dalam FK UNPAD/RS dr. Sadikin. Bandung.
7.      Infeksi Traktus Urinarius . Available from http:// www.scribd.com /doc/ 76714126/ spek-radiologi-infeksi-pada-traktus-urinarius. Accessed on 2012 may 30
8.      Hidronefrosis. Available from http:// perawatpskiatri.blogspot.com /2008/ 11/  hidronefrosis. html. Accessed on 2012 may 31
9.      Tuberkulosis Ginjal. Available from  http://www.scribd.com/doc/59213346/58/ Tuberkulosis-ginjal. . Accessed on 2012 may 31

0 komentar:

Poskan Komentar

About Me

Foto Saya
jadi dokter itu tidak mudah, dokter di anggap semua serba bisa, padahal dokter hayalah manusia yang di berikan titipan ilmu untuk membantu merawat orang, dengan harapan kesembuhan. Namun yang menyembuhkan tidak lain adalah Allah SWT. 280551C3
Diberdayakan oleh Blogger.